Ingin Memulai Bisnis
Online? Simak 6 Trik Ini!
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/2283556/original/069168400_1531891140-Bisnis_Online.jpg)
Buat kamu yang ingin bisnis onlinenya
berkembang, perlu kembali melihat 5 hal ini apakah sudah berjalan baik.
Liputan6.com, Jakarta
- Saat ini bisnis online semakin menjamur, baik di media sosial, platforme-commerce, atau platform-platform lainnya. Ada begitu banyak panduan
membangun bisnis online. Namun, satu hal yang
sering dilewatkan adalah kenyataan bahwa setiap bisnis tak
terkecuali bisnis online memiliki kemungkinan untuk gagal.
Membangun
bisnis produk atau jasa adalah proses yang membutuhkan waktu. CEO-CEO sukses
pun tidak mendapatkan kesuksesan mereka dalam sekejap.
Menurut
data Small Business Association (SBA), 30 persen bisnis akan gagal dalam dua
tahun pertamanya, sementara 50 persen lainnya kemungkinan akan tetap ada lima
tahun ke depan. Pikirkan data ini sebelum akhirnya memutuskan untuk
mendirikan bisnis online.
Namun
ini tidak berarti Anda harus mengurungkan niat atau berkecil hati. Malahan, ini
menjadi pelajaran penting untuk diingat.
Mengutip Lifehack, 6 trik ini akan membantu Anda
mendirikan bisnis online yang berkembang dan berhasil.
1. Fokus pada audiens dan target pasar yang
spesifik
Ilustrasi belanja
Lebaran di toko online. (iStockPhoto)
Salah satu langkah
yang paling utama tapi juga yang paling sulit dalam membangun bisnis adalah menentukan
siapa calon pelanggan Anda dan bagaimana memasarkan produk atau jasa kepada
mereka.
Jika
Anda tengah mendirikan bisnis online, pikirkan platform yang akan digunakan, apakah melalui ritel
atau mendirikan toko online sendiri.
Seberapa luas jangkauan audiens yang Anda sasar.
Pertimbangkan
pula sumber daya dan jaringan yang Anda miliki dalam menentukannya. Tanpa
memahami audiens dengan jelas, Anda tidak akan bisa memulai bisnis.
2. Lakukan riset terhadap segmen potensi pasar
Melakukan
riset membantu Anda dalam memilih dan lebih memahami target pasar, juga menjadi
petunjuk bagaimana Anda harus memasarkan bisnis.
Cari
juga bagaimana perusahaan-perusahaan sukses, misalnya yang berhubungan dengan
bisnis Anda, memulai bisnis mereka. Manfaatkan juga jaringan profesional yang
Anda miliki untuk memberikan bimbingan.
3. Gunakan media sosial

Ilustrasi Sosial Media
Ingin memasarkan
bisnis Anda? Kabar baik, Anda tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk itu.
Dengan media sosial, Anda bahkan bisa mengiklankan bisnis secara gratis.
Saat
ini sudah ada begitu banyak platform media sosial. Cari tahu platform mana yang paling cocok
untuk bisnis dan memiliki dampak yang besar terhadap target audiens Anda.
4. Bangun jaringan dengan influencer dan
lakukan branding
Media
sosial juga menjadi alat yang sangat berguna dalam memperluaskan
jangkauan brandAnda. Berpartnerlah
dengan influencer yang sesuai dengan citra bisnis Anda.
Pastikan
juga Anda mengoptimalkan search engine optimization (SEO) sehingga Anda bisa benar-benar
fokus dalam menarik pelanggan yang tepat.
5. Monitor perkembangan bisnis secara berkala

Ilustrasi Digital
Marketing, Pemasaran Digital, Google Analytic
Lakukan analisis
terhadap data penjualan dan finansial bisnis Anda untuk melihat perkembangan
dan kemajuannya seiring berjalannya waktu. Apakah strategi pemasaran Anda
berhasil menarik pelanggan? Apakah interaksi dengan klien memberi hasil positif
atau negatif?
Pertanyaan-pertanyaan
ini akan terjawab melalui data dan laporan keuangan Anda. Ketika keduanya
dibandingkan, Anda mendapatkan pemahaman mendalam pada kondisi bisnis.
6. Jangan beli pengikut palsu
Menggunakan follower palsu agar bisnis terlihat besar memang
nampak menggiurkan. Namun jangan terjebak. Pengikut Anda sebenarnya bisa dengan
mudah menyadari hal ini.
Ini
bisa terlihat dari tingkat interaksi bisnis Anda dengan pelanggannya. Pelanggan
akan sadar saat melihat jumlah pengikut Anda tinggi, tapi interaksi pada
unggahan Anda rendah. Pada akhirnya bisnis Anda akan terlihat tidak
profesional.
Membangun
bisnis online merupakan suatu
proses yang kompleks, jadi jangan berekspektasi menerima hasil yang instan.
Membangun bisnis tidak hanya butuh waktu, tetapi juga perlu dedikasi waktu dan
uang.
Pastikan
Anda memiliki ketersediaan sumber daya atau pasokan serta tim yang dapat
diandalkan untuk menjalankan bisnis. Ambil risiko dan jika Anda gagal, jadikan
kegagalan tersebut sebagai pengalaman untuk kembali membangun bisnis yang
sukses. (Felicia Margaretha)
Komentar
Posting Komentar