CARA MELAKUKAN BISNIS ONLINE YANG BAIK DAN BENAR


5 Cara Bisnis Ritel Kecil Dapat Bersaing

 Hasil gambar untuk bisnis ritel

Pengertian

Bisnis ritel adalah bisnis yang menjual produk atau jasa layanan kepada konsumen secara eceran atau jumlah kecil untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan bukan untuk dijual kembali. Dalam kehidupan sehari-hari, pelaku bisnis ritel sering disebut dengan penjual eceran atau pengecer.

Fungsi Usaha Ritel

1.    Melakukan kegiatan usahanya di lokasi yang nyaman dan mudah diakses pelanggan 

2.   Memberikan beragam produk sehingga memungkinkan pelanggan bisa memilih produk yang diinginkan 

3.    Membagi jumlah produk yang besar sehingga dapat dijual dalam kemasan/ukuran yang kecil

4.    Mengubah produk menjadi bentuk yang lebih menarik.

5.    Menyimpan produk agar tetap tersedia pada harga yang relatif tetap

6.    Membantu terjadinya perubahan (perpindahan) kepemilikan barang dari produsen ke konsumen 

7.    Mengakibatkan perpindahan barang melalui sistem distribusi

8.    Memberikan informasi, tidak hanya ke pelanggan, tapi juga ke pemasok

9.    Memberikan jaminan produk layanan purna jual, dan turut menangani keluhan pelanggan

10. Memberikan fasilitas kredit dan sewa.



Untuk menjalankan bisnis ritel yang sukses, penting bagi Anda untuk mmengetahui bagaimana cara mengelolanya secara baik dan benar. Selain itu, penting bahwa bisnis Anda harus dapat bersaing dengan yang lain agar pelanggan mengunjungi bisnis Anda.

Sangat penting bagia Anda untuk mengetahui strategy dan cara pengelolaan yang baik yang dapat membantu dalam mengatasi semua permasalahan bisnis Anda. Jika Anda berhasil menciptakan strategi dan mengetahui cara pengelolaan yang baik dan kemudian menerapkannya, maka Anda akan dapat menjalankan bisnis ritel yang sukses.

Berikut lima hal yang ritel kecil dapat pelajari untuk bersaing dengan sesuatu selain harga.

1.  Memberikan insentif

Ketika Anda mengunjungi Wonder Works, biasanya akan ada seseorang dengan tersenyum menyambut Anda dan membawa sebuah mainan untuk Anda. Biarpun toko kecil, selalu ada ruang untuk memberikan produk sampel untuk berinteraksi dengan orang lain.

Ini seperti taman bermain dan anak-anak sangat menyukainya. Selain itu, secara rutin mereka mengadakan event seperti festival outdoor, penjualan di jalan-jalan, dan pengumpulan dana untuk mendorong orang berkunjung ke toko.

2.  Menawarkan nilai (Value)

Wonder Works menciptakan nilai dengan memberikan sebuah experience ketika seseorang berkunjung ke toko mereka. Selain itu, pelanggan biasanya dihargai dengan sesuatu yang spesial melalui e-newsletter dan media sosial. Tidak seperti kebanyakan peritel kecil, mereka lebih memilih menempatkan experience daripada mengambil untung banyak-banyak.

3.  Membedakan produk
Hasil gambar untuk bisnis


Peritel besar jarang sekali memberikan kesempatan untuk produk baru atau pengembang baru. Ini membuat ritel-ritel kecil memiliki kesempatan besar untuk menawarkan item baru secara eksklusif.

Wonder Works adalah salah satu toko pertama yang menawarkan produk-produk baru. Biasanya produk-produk baru tersebut  menjadi salah satu produk terbaik yang mereka jual.

4.  Go online

Meskipun terbilang masih kecil dibanding Amazon dan peritel besar lainnya, mereka juga menawarkan katalog mainan yang fantastis dan website untuk mendukung experience di dalam toko. Bukan rahasia lagi bahwa belanja online akan terus menjadi metode yang banyak disukai. Sehingga menawarkan klien kenyamanan ini akan menjadi kunci keberhasilan Anda.

5.  Go social

Wonder Works sangat unggul dalam menarik dan mempertahankan penggemar, terutama pada tingkat lokal. Sebuah newsletter yang lucu, update konstan ke situs web, dan saluran media sosial mereka dan seluruh industri mainan di Charleston, membuat  pelanggan dan penggemar terlibat secara terus-menerus.

Tidak peduli seberapa kecil perusahaan ritel yang dijalankan, Anda harus menarik pelanggan melalui media sosial.

Untuk setiap bisnis kecil, bersaing dengan pesaing yang lebih besar selalu menakutkan. Khusus untuk toko ritel, tantangannya bisa 10 kali lipat. Agar sukses, pemilik bisnis ritel perlu bekerja keras.

Strategi yang Dibutuhkan untuk Kesuksesan Bisnis Ritel

Bisnis ritel tidak hanya menjual produk yang dapat dikunsumsi (makanan dan minuman), tetapi juga menjual jasa seperti penyewaan mobil, pakaian, peralatan event, penyedia jasa pangkas rambut dan lain sebagainya. Selain itu, bisnis ritel juga tidak harus dioperasikan dari toko fisik, Anda dapat menjalankan bisnis ritel lewat internet atau toko online. Untuk mendukung kemajuan bisnis ritel Anda, maka beberapa strategi ini dapat Anda aplikasikan:

·         Pemilihan Tempat Usaha yang Tepat

Dalam menentukan dan memilih lokasi strategis memang bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, ketika Anda sudah menemukannya, maka bisnis Anda dapat berkembang dengan pesat. Hal ini karena bisnis ritel membutuhkan banyak konsumen, selain itu, para konsumen juga lebih memilih untuk membeli produk pada sebuah bisnis yang dekat dengan rumah mereka, tempat kerja dan juga beberapa tempat yang sering mereka lewati setiap harinya.

Jika Anda masih kebingungan tentang bagaimana cara menentukan tempat bisnis yang strategis, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan:

·         Mudahnya akses untuk menuju ke lokasi (bisnis ritel) Anda

·         Terletak dengan fasilitas umum

·         Potensi pasar yang tersedia

·         Biaya Sewa atau biaya lahan

·         Mudah untuk dilihat

·         Kondisi lalu lintas

Itulah beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memilih lokasi yang strategis untuk bisnis ritel Anda. Namun, ketika Anda hendak memindahkan bisnis yang lama ke lokasi baru yang dinilai akan lebih menguntungkan juga bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena Anda harus mempertimbangkan perizinan, jaringan sistem komputer, dekorasi bangunan, biaya listrik serta air dan sebagainya.

·         Sediakan Produk yang Sesuai Kebutuhan Konsumen

Terdapat beberapa strategi yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan  produk apa yang akan dijual oleh bisnis ritel Anda, antara lain:

·         Dari segi estetika, produk atau barang yang Anda jual haruslah memiliki desain yang menarik, model yang lain dari lain, warna yang sesuai, dan ukuran produk yang proporsional.

·         Dari segi fungsional produk Anda harus disesuaikan dengan maksud dan tujuan produk tersebut diciptakan.

·         Memiliki pelayanan yang dapat mendukung dan menyertai dalam penjualan produk.

·         Brand produk akan Anda jual haruslah memiliki dan memberi image positif kepada para pelanggan.

·         Ketersediaan Stok Barang

Anda membutuhkan kesinambungan antara jumlah pembelian pelanggan dengan pembelian pengecer untuk memaksimalkan penjual bisnis ritel Anda. Selain itu, Anda juga membutuhkan konsumsi pelanggan dan kebutuhan persediaan barang dagangan yang seimbang. Terdapat dua faktor yang harus Anda perhatikan dalam penyediaan stok barang, yaitu banyaknya unit dalam satu jenis produk, dan jumlah ukuran yang tersedia dalam satu jenis produk. Namun, perlu Anda ingat juga jika beberapa faktor tersebut harus disesuaikan pula dengan kebutuhan konsumen.

·         Penentuan Harga Jual

Hasil gambar untuk bisnis ritel

Untuk menentukan harga sebuah produk, Anda juga wajib untuk mempertimbangkan tingkart kerelaan konsumen dan juga target margin yang akan bisnis bisnis Anda capai. Untuk defininya sendiri, tingkat kerelaan konsumen adalah harga yang mereka untuk sebuah produk yang sebanding dengan apa yang mereka butuhkan. Sedangkan target margin yang hendak dicapai tentu harus diperhitungkan oleh si peritel itu sendiri, tentunya juga dengan menghitung semua biaya serta perputaran modal untuk satu jenis produk tertentu.

·         Pelayanan yang Cepat

Salah satu faktor penting yang wajib dimiliki oleh bisnis ritel adalah pelayanan. Ketika sebuah bisnis ritel memiliki pelayanan yang baik, tepat, berkesan dan mempunyai nilai potensial yang tinggi akan sangat mendukung banyaknya produk inti yang terjual kepada pelanggan Anda. Memberikan pelayanan yang terbaik merupakan sesuatu yang selalu diharapkan oleh setiap pelanggan.

Untuk memaksimalkan pelayanan, ada dua faktor yang perlu untuk Anda perhatikan yaitu pelayanan dalam hal fasilitas yang memadai dan pelayanan secara perilaku antara penjual (pramuniaga) dengan pelanggan bisnis Anda.

·         Perhatikan Momen yang Tepat

Memilih waktu yang tepat juga merupakan faktor yang harus Anda dipertimbangkan secara matang sehingga para pelanggan bersedia membeli barang yang mereka butuhkan di bisnis ritel Anda, seperti waktu musiman (seasonal time), waktu khusus (special gift item), dan juga waktu pribadi (personal time).

·         Promosi Tertarget

Jika Anda memanfaatkan beberapa media sosial (Facebook, Instagram, Youtube dll) serta strategi promosi yang tepat akan dapat membuat bisnis Anda meraih keuntungan yang berlipat. Selain itu, beberapa pesan yang disampaikan pada media promosi juga harus mampu menarik minat pelanggan agar mereka merasa yakin untuk membeli produk dari bisnis ritel Anda. Namun, Anda jangan melakukannya secara berlebihan dan terlalu dibuat-buat. Promosi yang Anda lakukan harus dilakukan sesuai dengan kenyataan dan kondisi yang ada pada toko maupun produk Anda. Hal ini karena, jika informasi promosiyang Anda berikan  tidak sesuai dengan kenyataan, maka pelanggan akan merasa tertipu dan ini akan membuat bisnis ritel Anda mengalami kerugian.


Hal yang Perlu Dihindari dalam Mengelola Bisnis Ritel



Pada umumnya, setiap pengusaha retail ingin bisnisnya berkembang dan meraih kesuksesan. Namun, dengan persaingan yang semakin yang semakin ketat pada industri ini para pemiliki usaha ritel harus mampu untuk berpikir secara kreatif agar dapat lebih menonjol dari yang lainnya. Akan tetapi, semua hal tersebut memang tidak mudah untuk dilakukan, apalagi bagi Anda sebagai pebisnis yang baru saja terjun ke industry ritel ini. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara mengelola bisnis ritel untuk pemula:

  • Kurang Mengenal Pelanggan dengan Baik

Jika Anda tidak mengenal pelanggan atau konsumen Anda dengan baik, maka hal ini akan dapat membuat bisnis ritel Anda akan sulit untuk berkembang. Hal ini karena terdapat banyak sekali para pengusaha ritel yang masih awam tentang apa yang para pelanggan inginkan sehingga mereka menjual produk yang tidak cocok dengan selera pelanggan. Selain itu, lebih parahnya lagi, terdapat beberapa pemilik bisnis ritel yang mejual produk mereka pada target pasar atau konsumen yang tidak tepat sasaran.

Oleh karena itu, usahakan untuk menjual produk Anda pada beberapa pelanggan berdasarkan beberapa poin seperti karakteristik pelanggan, lokasi konsumen dan lain sebagainya. Hal ini perlu dilakukan secara matang agar produk yang bisnis Anda jual  dapat menjakau para pelanggan atau konsumen yang berkualitas dan yang juga mereka dapat menjadi konsumen jangka panjang bagi Anda.

  • Memilih Lokasi yang Tidak Strategis

Salah satu faktor penting yang harus ditentukan secara matang adalah pemilihan lokasi bisnis ritel Anda. Jika Anda memiliki lokasi yang tidak strategis akan mengakibatkan bisnis Anda akan sepi oleh pengunjung. Namun, dengan lokasi yang tepat, bisnis Anda akan dapat berkembang.. Memang untuk memilih lokasi yang tepat tidaklah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan lokasi strategi yang cocok untuk bisnis Anda. Jika Anda masih merasa ragu untuk mendirikan bisnis Anda di lokasi tersebut, Anda dapat mencoba menjual produk Anda pada marketplace atau bisnis online terlebih dahulu sambil mencari lokasi yang tepat.

  • Kurangnya Kreatifitas dalam Membuat Strategi Pemasaran Bisnis Ritel

Jika Anda hanya mengandalkan strategi promosi yang biasa-biasa saja, maka bisnis ritel Anda akan berjalan secara lambat atau bahkan tidak berjalan dengan baik sama sekali. Namun, dengan memiliki dan membuat strategi pemasaran yang kreatif seperti membuat iklan yang menarik pada mesin pencarian, membuat konten yang berkualitas pada website bisnis Anda, atau juga melakukan promosi yang berbeda melalui media sosial akan membuat pelanggan tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang bisnis Anda sehingga mereka berpotensi untuk membeli produk dan menjadi pelanggan jangkan panjang bagi Anda.

  • Pesan Negatif yang Disampaikan Melalui Iklan dan Produk

Untuk menghindari penyampaian pesan negatif dalam sebuah iklan maupun promosi produk Anda, maka Anda harus peka terhadap beberapa isu sosial yang ada di sekitar Anda. Jika terdapat pesan negatif, baik itu secara sengaja atau tidak, maka produk atau bahkan bisnis Anda akan dihindari oleh para pelanggan. Oleh karena itu, agar memiliki brand / merek yang positif, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat iklan atau promosi untuk menghindari beberapa isu sosial yang sensitif seperti diskriminasi, politik, rasisme, seksisme dan juga kekerasan.

  • Pengelolaan Inventaris yang Asal-Asalan

Terdapat banyak faktor penting yang harus diperhatikan oleh pemilik bisnis ritel, salah satunya adalah manajemen atau pengelolaan inventaris. Jika Anda tidak dapat mengelolaan inventaris atau persediaan produk secara baik, hal ini dapat mempengaruhi beberapa aspek penting dalam bisnis ritel Anda, seperti pengadaan stok, proses distribusi atau bahkan kurangnya ketersediaan produk Anda. Oleh karena itu, Anda harus mampu mengelola inventaris bisnis ritel Anda dengan baik agar dapat memnuhi permintaan para pelanggan serta menjaga keuangan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga harus menjaga tingkat persediaan produk Anda agar dapat memenuhi keinginan para pelanggan.

  • Berlebihan dalam Melakukan Promosi

Melakukan kegiatan promosi memang dapat membantu bisnis Anda berkembang, apalagi dengan strategi yang tepat dapat membuat bisnis Anda mendapatkan keuntungan yang berlipat. Akan tetapi, jika Anda melakukan promosi secara berlebihan seperti terlalu sering memberikan diskon, menjual produk dengan harga yang sangat rendah dalam waktu yang cukup lama, maka hal ini dapat membuat bisnis ritel Anda mengalami kerugian. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus mempelajari terlebih dahulu tentang bagaimana melakukan promosi secara optimal yang tidak merugikan bisnis Anda sehingga Anda dapat memaksimalkan pendapatan Anda. 

  • Memiliki Manajemen Pelanggan yang Buruk

Perilaku karyawan dalam menyambut atau melayani para pelanggan merupakan salah satu dari sekian banyak poin penting yang dapat mempengaruhi citra bisnis ritel yang sedang Anda jalankan. Dengan melakukan seleksi sebelum menerima karyawan baru atau dengan mendidik karyawan yang ada untuk melayani pelanggan dengan baik, hal ini akan membuat para pelanggan akan terus kembali ke toko Anda dan hal ini dapat menjadi investasi jangka panjang yang membuat bisnis Anda dapat berkembang dengan pesat.






Sumber :
https://marketing.co.id/5-cara-ritel-kecil-bersaing-dan-menang/ https://www.pahlevi.net/pengertian-bisnis-ritel/ https://www.suryasemesta.com/blog/panduan-2/post/cara-mengelola-bisnis-retail-untuk-pengusaha-baru-64

Komentar