5 Cara Bisnis Ritel Kecil Dapat
Bersaing
Pengertian
Bisnis ritel adalah bisnis yang
menjual produk atau jasa layanan kepada konsumen secara eceran atau jumlah
kecil untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan bukan untuk dijual kembali. Dalam
kehidupan sehari-hari, pelaku bisnis ritel sering disebut dengan penjual eceran
atau pengecer.
Fungsi Usaha Ritel
1. Melakukan kegiatan
usahanya di lokasi yang nyaman dan mudah diakses pelanggan
2. Memberikan beragam
produk sehingga memungkinkan pelanggan bisa memilih produk yang
diinginkan
3. Membagi jumlah produk
yang besar sehingga dapat dijual dalam kemasan/ukuran yang kecil
4. Mengubah produk
menjadi bentuk yang lebih menarik.
5. Menyimpan produk agar
tetap tersedia pada harga yang relatif tetap
6. Membantu terjadinya
perubahan (perpindahan) kepemilikan barang dari produsen ke konsumen
7. Mengakibatkan
perpindahan barang melalui sistem distribusi
8. Memberikan informasi,
tidak hanya ke pelanggan, tapi juga ke pemasok
9. Memberikan jaminan
produk layanan purna jual, dan turut menangani keluhan pelanggan
10. Memberikan fasilitas
kredit dan sewa.
Untuk
menjalankan bisnis ritel yang sukses, penting bagi Anda untuk mmengetahui
bagaimana cara mengelolanya secara baik dan benar. Selain itu, penting bahwa
bisnis Anda harus dapat bersaing dengan yang lain agar pelanggan mengunjungi
bisnis Anda.
Sangat
penting bagia Anda untuk mengetahui strategy dan cara pengelolaan yang baik
yang dapat membantu dalam mengatasi semua permasalahan bisnis Anda. Jika Anda
berhasil menciptakan strategi dan mengetahui cara pengelolaan yang baik dan
kemudian menerapkannya, maka Anda akan dapat menjalankan bisnis ritel yang sukses.
Berikut lima hal yang ritel kecil dapat pelajari
untuk bersaing dengan sesuatu selain harga.
1. Memberikan
insentif
Ketika Anda mengunjungi Wonder Works, biasanya
akan ada seseorang dengan tersenyum menyambut Anda dan membawa sebuah mainan
untuk Anda. Biarpun toko kecil, selalu ada ruang untuk memberikan produk sampel
untuk berinteraksi dengan orang lain.
Ini seperti taman
bermain dan anak-anak sangat menyukainya. Selain itu, secara rutin mereka
mengadakan event seperti festival outdoor, penjualan
di jalan-jalan, dan pengumpulan dana untuk mendorong orang berkunjung ke toko.
2. Menawarkan
nilai (Value)
Wonder Works
menciptakan nilai dengan memberikan sebuah experience ketika
seseorang berkunjung ke toko mereka. Selain itu, pelanggan biasanya dihargai
dengan sesuatu yang spesial melalui e-newsletter dan
media sosial. Tidak seperti kebanyakan peritel kecil, mereka lebih memilih
menempatkan experience daripada mengambil untung banyak-banyak.
3. Membedakan
produk
Peritel besar
jarang sekali memberikan kesempatan untuk produk baru atau pengembang baru. Ini
membuat ritel-ritel kecil memiliki kesempatan besar untuk menawarkan item baru secara eksklusif.
Wonder Works adalah salah satu toko pertama
yang menawarkan produk-produk baru. Biasanya produk-produk baru tersebut
menjadi salah satu produk terbaik yang mereka jual.
4. Go
online
Meskipun
terbilang masih kecil dibanding Amazon dan peritel besar lainnya, mereka juga
menawarkan katalog mainan yang fantastis dan website untuk
mendukung experience di dalam toko. Bukan rahasia lagi bahwa
belanja online akan terus menjadi metode yang banyak disukai.
Sehingga menawarkan klien kenyamanan ini akan menjadi kunci keberhasilan Anda.
5. Go
social
Wonder Works
sangat unggul dalam menarik dan mempertahankan penggemar, terutama pada tingkat
lokal. Sebuah newsletter yang lucu, update konstan ke
situs web, dan saluran media sosial mereka dan seluruh
industri mainan di Charleston, membuat pelanggan dan penggemar terlibat
secara terus-menerus.
Tidak peduli seberapa kecil perusahaan ritel
yang dijalankan, Anda harus menarik pelanggan melalui media sosial.
Untuk setiap bisnis kecil, bersaing dengan
pesaing yang lebih besar selalu menakutkan. Khusus untuk toko ritel,
tantangannya bisa 10 kali lipat. Agar sukses, pemilik bisnis ritel perlu
bekerja keras.
Strategi yang Dibutuhkan untuk Kesuksesan Bisnis Ritel
Bisnis
ritel tidak hanya menjual produk yang dapat dikunsumsi (makanan dan minuman),
tetapi juga menjual jasa seperti penyewaan mobil, pakaian, peralatan event,
penyedia jasa pangkas rambut dan lain sebagainya. Selain itu, bisnis ritel juga
tidak harus dioperasikan dari toko fisik, Anda dapat menjalankan bisnis ritel
lewat internet atau toko online. Untuk mendukung kemajuan bisnis ritel Anda,
maka beberapa strategi ini dapat Anda aplikasikan:
·
Pemilihan Tempat Usaha yang Tepat
Dalam
menentukan dan memilih lokasi strategis memang bukan merupakan hal yang mudah untuk
dilakukan. Namun, ketika Anda sudah menemukannya, maka bisnis Anda dapat
berkembang dengan pesat. Hal ini karena bisnis ritel membutuhkan banyak
konsumen, selain itu, para konsumen juga lebih memilih untuk membeli produk
pada sebuah bisnis yang dekat dengan rumah mereka, tempat kerja dan juga
beberapa tempat yang sering mereka lewati setiap harinya.
Jika
Anda masih kebingungan tentang bagaimana cara menentukan tempat bisnis yang
strategis, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan:
·
Mudahnya
akses untuk menuju ke lokasi (bisnis ritel) Anda
·
Terletak
dengan fasilitas umum
·
Potensi
pasar yang tersedia
·
Biaya
Sewa atau biaya lahan
·
Mudah
untuk dilihat
·
Kondisi
lalu lintas
Itulah beberapa hal
yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memilih lokasi yang strategis untuk
bisnis ritel Anda. Namun, ketika Anda hendak memindahkan bisnis yang lama ke
lokasi baru yang dinilai akan lebih menguntungkan juga bukanlah hal yang mudah.
Hal ini karena Anda harus mempertimbangkan perizinan, jaringan sistem komputer,
dekorasi bangunan, biaya listrik serta air dan sebagainya.
·
Sediakan Produk yang Sesuai Kebutuhan Konsumen
Terdapat
beberapa strategi yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan produk
apa yang akan dijual oleh bisnis ritel Anda, antara lain:
·
Dari
segi estetika, produk atau barang yang Anda jual haruslah memiliki desain yang
menarik, model yang lain dari lain, warna yang sesuai, dan ukuran produk yang
proporsional.
·
Dari
segi fungsional produk Anda harus disesuaikan dengan maksud dan tujuan produk
tersebut diciptakan.
·
Memiliki
pelayanan yang dapat mendukung dan menyertai dalam penjualan produk.
·
Brand
produk akan Anda jual haruslah memiliki dan memberi image positif kepada para
pelanggan.
·
Ketersediaan Stok Barang
Anda membutuhkan
kesinambungan antara jumlah pembelian pelanggan dengan pembelian pengecer untuk
memaksimalkan penjual bisnis ritel Anda. Selain itu, Anda juga membutuhkan
konsumsi pelanggan dan kebutuhan persediaan barang dagangan yang seimbang.
Terdapat dua faktor yang harus Anda perhatikan dalam penyediaan stok barang,
yaitu banyaknya unit dalam satu jenis produk, dan jumlah ukuran yang tersedia
dalam satu jenis produk. Namun, perlu Anda ingat juga jika beberapa faktor tersebut
harus disesuaikan pula dengan kebutuhan konsumen.
·
Penentuan Harga Jual
Untuk menentukan
harga sebuah produk, Anda juga wajib untuk mempertimbangkan tingkart kerelaan
konsumen dan juga target margin yang akan bisnis bisnis Anda capai. Untuk
defininya sendiri, tingkat kerelaan konsumen adalah harga yang mereka untuk
sebuah produk yang sebanding dengan apa yang mereka butuhkan. Sedangkan target
margin yang hendak dicapai tentu harus diperhitungkan oleh si peritel itu
sendiri, tentunya juga dengan menghitung semua biaya serta perputaran modal
untuk satu jenis produk tertentu.
·
Pelayanan yang Cepat
Salah
satu faktor penting yang wajib dimiliki oleh bisnis ritel adalah pelayanan.
Ketika sebuah bisnis ritel memiliki pelayanan yang baik, tepat, berkesan dan mempunyai
nilai potensial yang tinggi akan sangat mendukung banyaknya produk inti yang
terjual kepada pelanggan Anda. Memberikan pelayanan yang terbaik merupakan
sesuatu yang selalu diharapkan oleh setiap pelanggan.
Untuk memaksimalkan
pelayanan, ada dua faktor yang perlu untuk Anda perhatikan yaitu pelayanan
dalam hal fasilitas yang memadai dan pelayanan secara perilaku antara penjual
(pramuniaga) dengan pelanggan bisnis Anda.
·
Perhatikan Momen yang Tepat
Memilih waktu yang
tepat juga merupakan faktor yang harus Anda dipertimbangkan secara matang
sehingga para pelanggan bersedia membeli barang yang mereka butuhkan di bisnis
ritel Anda, seperti waktu musiman (seasonal time), waktu khusus (special gift
item), dan juga waktu pribadi (personal time).
·
Promosi Tertarget
Jika Anda
memanfaatkan beberapa media sosial (Facebook, Instagram, Youtube dll) serta
strategi promosi yang tepat akan dapat membuat bisnis Anda meraih keuntungan
yang berlipat. Selain itu, beberapa pesan yang disampaikan pada media promosi
juga harus mampu menarik minat pelanggan agar mereka merasa yakin untuk membeli
produk dari bisnis ritel Anda. Namun, Anda jangan melakukannya secara
berlebihan dan terlalu dibuat-buat. Promosi yang Anda lakukan harus dilakukan
sesuai dengan kenyataan dan kondisi yang ada pada toko maupun produk Anda. Hal
ini karena, jika informasi promosiyang Anda berikan tidak sesuai dengan
kenyataan, maka pelanggan akan merasa tertipu dan ini akan membuat bisnis ritel
Anda mengalami kerugian.
Hal yang Perlu Dihindari dalam Mengelola Bisnis Ritel
Pada umumnya, setiap pengusaha retail ingin bisnisnya berkembang
dan meraih kesuksesan. Namun, dengan persaingan yang semakin yang semakin ketat
pada industri ini para pemiliki usaha ritel harus mampu untuk berpikir secara
kreatif agar dapat lebih menonjol dari yang lainnya. Akan tetapi, semua hal
tersebut memang tidak mudah untuk dilakukan, apalagi bagi Anda sebagai pebisnis
yang baru saja terjun ke industry ritel ini. Oleh karena itu, berikut adalah
beberapa cara mengelola bisnis ritel untuk pemula:
- Kurang Mengenal Pelanggan dengan Baik
Jika Anda tidak mengenal pelanggan atau konsumen Anda dengan
baik, maka hal ini akan dapat membuat bisnis ritel Anda akan sulit untuk
berkembang. Hal ini karena terdapat banyak sekali para pengusaha ritel yang
masih awam tentang apa yang para pelanggan inginkan sehingga mereka menjual
produk yang tidak cocok dengan selera pelanggan. Selain itu, lebih parahnya
lagi, terdapat beberapa pemilik bisnis ritel yang mejual produk mereka pada
target pasar atau konsumen yang tidak tepat sasaran.
Oleh
karena itu, usahakan untuk menjual produk Anda pada beberapa pelanggan
berdasarkan beberapa poin seperti karakteristik pelanggan, lokasi konsumen dan
lain sebagainya. Hal ini perlu dilakukan secara matang agar produk yang bisnis
Anda jual dapat menjakau para pelanggan atau konsumen yang berkualitas
dan yang juga mereka dapat menjadi konsumen jangka panjang bagi Anda.
- Memilih Lokasi yang Tidak Strategis
Salah
satu faktor penting yang harus ditentukan secara matang adalah pemilihan lokasi
bisnis ritel Anda. Jika Anda memiliki lokasi yang tidak strategis akan
mengakibatkan bisnis Anda akan sepi oleh pengunjung. Namun, dengan lokasi yang
tepat, bisnis Anda akan dapat berkembang.. Memang untuk memilih lokasi yang
tepat tidaklah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, Anda harus
melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan lokasi strategi yang cocok
untuk bisnis Anda. Jika Anda masih merasa ragu untuk mendirikan bisnis Anda di
lokasi tersebut, Anda dapat mencoba menjual produk Anda pada marketplace atau
bisnis online terlebih dahulu sambil mencari lokasi yang tepat.
- Kurangnya Kreatifitas dalam Membuat Strategi Pemasaran Bisnis Ritel
Jika
Anda hanya mengandalkan strategi promosi yang biasa-biasa saja, maka bisnis
ritel Anda akan berjalan secara lambat atau bahkan tidak berjalan dengan baik
sama sekali. Namun, dengan memiliki dan membuat strategi pemasaran yang kreatif
seperti membuat iklan yang menarik pada mesin pencarian, membuat konten yang
berkualitas pada website bisnis Anda, atau juga melakukan promosi yang berbeda
melalui media sosial akan membuat pelanggan tertarik untuk mengetahui lebih
dalam tentang bisnis Anda sehingga mereka berpotensi untuk membeli produk dan
menjadi pelanggan jangkan panjang bagi Anda.
- Pesan Negatif yang Disampaikan Melalui Iklan dan Produk
Untuk
menghindari penyampaian pesan negatif dalam sebuah iklan maupun promosi produk
Anda, maka Anda harus peka terhadap beberapa isu sosial yang ada di sekitar
Anda. Jika terdapat pesan negatif, baik itu secara sengaja atau tidak, maka
produk atau bahkan bisnis Anda akan dihindari oleh para pelanggan. Oleh karena
itu, agar memiliki brand / merek yang positif, Anda harus melakukan riset
terlebih dahulu sebelum membuat iklan atau promosi untuk menghindari beberapa
isu sosial yang sensitif seperti diskriminasi, politik, rasisme, seksisme dan
juga kekerasan.
- Pengelolaan Inventaris yang Asal-Asalan
Terdapat
banyak faktor penting yang harus diperhatikan oleh pemilik bisnis ritel, salah
satunya adalah manajemen atau pengelolaan inventaris. Jika Anda tidak dapat
mengelolaan inventaris atau persediaan produk secara baik, hal ini dapat
mempengaruhi beberapa aspek penting dalam bisnis ritel Anda, seperti pengadaan
stok, proses distribusi atau bahkan kurangnya ketersediaan produk Anda. Oleh
karena itu, Anda harus mampu mengelola inventaris bisnis ritel Anda dengan baik
agar dapat memnuhi permintaan para pelanggan serta menjaga keuangan bisnis
Anda. Selain itu, Anda juga harus menjaga tingkat persediaan produk Anda agar
dapat memenuhi keinginan para pelanggan.
- Berlebihan dalam Melakukan Promosi
Melakukan
kegiatan promosi memang dapat membantu bisnis Anda berkembang, apalagi dengan
strategi yang tepat dapat membuat bisnis Anda mendapatkan keuntungan yang
berlipat. Akan tetapi, jika Anda melakukan promosi secara berlebihan seperti
terlalu sering memberikan diskon, menjual produk dengan harga yang sangat
rendah dalam waktu yang cukup lama, maka hal ini dapat membuat bisnis ritel
Anda mengalami kerugian. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus mempelajari
terlebih dahulu tentang bagaimana melakukan promosi secara optimal yang tidak
merugikan bisnis Anda sehingga Anda dapat memaksimalkan pendapatan Anda.
- Memiliki Manajemen Pelanggan yang Buruk
Perilaku
karyawan dalam menyambut atau melayani para pelanggan merupakan salah satu dari
sekian banyak poin penting yang dapat mempengaruhi citra bisnis ritel yang
sedang Anda jalankan. Dengan melakukan seleksi sebelum menerima karyawan baru
atau dengan mendidik karyawan yang ada untuk melayani pelanggan dengan baik,
hal ini akan membuat para pelanggan akan terus kembali ke toko Anda dan hal ini
dapat menjadi investasi jangka panjang yang membuat bisnis Anda dapat
berkembang dengan pesat.
https://marketing.co.id/5-cara-ritel-kecil-bersaing-dan-menang/ https://www.pahlevi.net/pengertian-bisnis-ritel/ https://www.suryasemesta.com/blog/panduan-2/post/cara-mengelola-bisnis-retail-untuk-pengusaha-baru-64
Komentar
Posting Komentar