
Pengertian Iklan
IKLAN adalah suatu
bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi/ lembaga, atau
perusahaan, yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau
jasa yang ditujukan kepada khalayak. Maksud dan tujuan dibuatnya iklan adalah
untuk membujuk/ mendorong masyarakat sehingga menjadi tertarik menggunakan
produk/ jasa yang ditawarkan.
Pengertian
Iklan Menurut Para Ahli
Untuk memahami lebih lanjut tentang iklan, kita dapat merujuk
lebih lanjut tentang pengertian iklan menurut para ahli. Berikut adalah
definisi iklan menurut para ahli :
Kotler
Menurut Kotler, iklan adalah
bentuk penyajian dan promosi suatu barang, jasa, dan ide secara non-personal
oleh suatu sponsor tertentu dimana untuk penayangannya biasanya harus membayar
suatu media sebagai kompensasinya.
Peter dan Olson (2000)
Pengertian
iklan menurut Peter dan Olson adalah penyajian informasi non personal tentang
suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dilakukan dengan bayaran
tertentu.
Menurut Lingga Purnama (2001)
Definisi iklan menurut Lingga Purnama
merupakan suatu bentuk presentasi nonpersonal atau massal & promosi ide,
barang, dan jasa dalam media massa yang dibayar oleh suatu sponsor tertentu.
Kamus
Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Menurut
KBBI sendiri, iklan berarti pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong,
membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.
Tujuan
dan Manfaat Iklan
Dari
penjabaran di atas, secara besar kita memahami bahwa tujuan dari iklan adalah
untuk mempengaruhi orang lain agar tertarik untuk menggunakan sebuah produk
atau jasa. Dalam versi yang lebih rinci, berikut ini adalah tujuan dari iklan :
· Memberikan
informasi kepada target market mengenai produk atau jasa, merek, perusahaan
atau suatu ide/ gagasan.
· Mempengaruhi
kelompok yang menjadi target market untuk menggunakan atau membeli produk atau
jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
Selain
dengan tujuan tertentu, iklan dibuat untuk memberikan manfaat atau keuntungan
kembali untuk si pengiklan. Beberapa manfaat iklan yang bisa diperoleh
pengiklan antara lain :
· Produk atau
jasa yang diiklankan akan lebih mudah dikenal masyarakat luas
· Konsumen
baru bertambah sehingga meningkatkan penjualan produk atau jasa
· Meningkatkan
kesadaran merek sehingga masyarakat akan lebih mudah mengidentifikasi produk
dan meningkatkan kepercayaan terhadap produk atau jasa yang diiklankan
Ciri-Ciri Iklan
1. Informasi atau pesan disampaikan secara komunikatif dan
informatif
2. Iklan menggunakan kata-kata yang persuasif agar lebih
menarik bagi orang lain.
3. Menggunakan kata-kata (diksi) atau
bahasa yang tepat, logis, sopan, dan mudah dimengerti oleh masyarakat atau
target market.
4. Menjelaskan tentang produk/ jasa dan cara kerja produk/ jasa
tersebut.
Unsur Unsur Iklan
Iklan setidaknya mempunyai 2 unsur,
diantarnya:
- Kalimat Deskriptif
Deskripsi iklan berguna untuk menguraikan atau menjelaskan produk atau layanan yang diiklankan - Kalimat Persuasif
Persuasi dalam sebuah iklan bertujuan untuk membujuk atau mempengaruhi orang agar menggunakan produk ataupun layanan yang diiklankan.
Jenis Jenis Iklan
1.
Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya
- Iklan Niaga
Iklan niaga adalah iklan yang dibuat dengan tujuan agar orang tertarik untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. contohnya iklan indomie, sprite, sajiku, iklan kendaraan dll. - Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang tujuannya untuk mempengaruhi orang agar memberikan dukungan atau mengikuti kampanye yang dilakukan pembuat iklan. contohnya iklan anti narkoba, iklan lingkungan hidup dll.
2.
Jenis Iklan Berdasarkan Isinya
- Iklan Pengumuman
Iklan yang isinya menyampaikan pengumuman mengenai suatu peristiwa kegiatan ataupun lainnya. - Iklan Penerangan
Memberi penerangan tentang suatu hal, dalam istilah lain iklan jenis ini bisa juga disebut iklan layanan masyarakat. - Iklan Reklame
Iklan yang isinya mempromosikan barang atau jasa yang hendak dijual untuk mencari keuntungan dan disampaikan berulang- lang melalui media massa. Iklan reklame biasanya memuji atau menyanjung suatu yang diawarkan, seperti, tiada banding, kualitas no 1 dll.
3.
Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Digunakan
- Iklan Cetak
Iklan cetak adalah iklan yang dipublikasikan melalui media cetak seperti koran, majalan, surat kabar, tabloid dan sebagainya. berdasarkan ruang yang digunakan iklan jenis ini dibedakan lagi menjadi 2 bentuk, yakni Iklan baris dan Iklan Kolom - Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita dengan bahasa penulisan jurnalistik. - Iklan Display
Hampir sama seperti iklan kolom, Namun mempunyai ukuran yang lebih besar gambar dan tulisannya dari iklan kolom - Iklan Elektronik
Iklan elektronik adalah adalah iklan yang dipublikasikan melalui media elektronik seperti, radio, televisi dan internet - Iklan Perusahaan
Iklan perusahaan atau corporate advertising adalah iklan yang tujuannya untuk membangun citra perusahaan yang kemudian akan membangun citra produk atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut agar diminati masyarakat. contohnya seperti iklan aqua yang membantu pembuatan sumber- sumber air di daerah terpencil. - Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang berisi himbauan atau ajakan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang diiklankan. contohnya seperti iklan KB, iklan pencegahan demam berdarah dan iklan pencegahan narkoba.
Komentar
Posting Komentar