Konsumen adalah salah satu faktor terpenting dalam kehidupan
bisnis, bahkan merupakan asset berharga bagi kelangsungan sebuah bisnis
termasuk bisnis online. Selain harus mampu memasarkan produk ke konsumen baru,
sebagai pembisnis juga harus mampu mempertahankan konsumen lama agar tetap
setia dengan produk/jasa yang dijual perusahaan.
Apalagi di era
digital saat ini, setiap konsumen semakin gampang memilih toko online yang
sesuai dengan kriterianya. Jika produk dan pelayanan bisnis online kamu
mengecewakan, maka konsumen pasti langsung beralih ke toko lain yang dianggap
lebih baik.Untuk itu, seorang pembisnis harus berupaya membuat konsumen setia
dengan toko online yang kita usahakan.
Untuk melengkapi pembelajaran ini,
silahkan disimak materi yang diuraikan dalam video berikut ini.
Berikut cara yang
dapat dilakukan untuk mempertahankan loyalitas konsumen.
1.
Utamakan Kualitas Produk
Sebagian besar konsumen bisa loyal karena
puas dengan kualitas produk. Dalam bisnis online, gambar dan deskripsi produk
yang kamu tampilkan di website atau media sosial harus sama dengan aslinya.
Sehingga saat konsumen memilikinya, mereka tidak merasa tertipu. Anda harus
menjaga mutu produk yang kamu tawarkan sesuai ekspektasi konsumen.
2.
Perhatikan Pelayanan Sebelum dan Sesudah Transaksi
Seringkali pebisnis hanya fokus pada
pelayanan sebelum transaksi. Namun, seharusnya pelayanan diberikan secara
menyeluruh hingga sesudah pembelian. Tunjukkan bahwa kamu memperhatikan
kepuasan konsumen, bukan hanya mengincar penjualan. Terus bangun komunikasi
yang baik dari awal penawaran hingga saat konsumen mendapatkan produk kamu.
3.
Minta Masukan dari Konsumen Mengenai Produk Kamu
Setelah konsumen menerima produk yang
dikirim, selanjutnya menghubunginya untuk mengucapkan terima kasih sekali lagi,
sekaligus meminta testimoni atau mengirim survei kepuasan konsumen melalui
email. Jika ada kekurangan, kamu bisa meminta maaf dan berjanji pada konsumen
untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan.
4.
Mengatasi Keluhan Konsumen dengan Baik
Jika ada konsumen yang komplain, kata maaf
saja biasanya tidak cukup. Kamu harus mengatasi masalahnya dengan tuntas.
Dengarkan keluhannya dan berikan solusi sesuai dengan kebijakan toko online
kamu. Hadapi setiap keluhan dengan bijaksana dan pastikan konsumen yang kecewa
bisa kembali merasa puas. Lakukan penanganan komplain pelanggan dengan cepat
kooperatif dan akurat, jika perlu berikan loyalti sebagai pengganti rasa
kekecewaan konsumen.
5.
Manfaatkan Teknologi untuk Membangun Komunikasi
Manfaatkan teknologi untuk promosi
sekaligus membangun komunikasi dengan konsumen. Seperti mengirimkan email
bulanan yang berisi informasi terbaru dari bisnis kamu, atau bisa juga
mengirimkannya melalui WhatsApp, LINE, dan SMS. Selain itu, kamu bisa coba
berteman dengan konsumen di media sosial dan aktif membagikan konten yang
menarik. Selain itu, bangun komunikasi yang baik dengan konsumen, sehingga
konsumen tidak berpaling ke toko online lain yang produk yang sama atau
serupa. Pertahankan loyalitas konsumen sebisa mungkin!. Ingat konsumen adalah
asset bagi perusahaan.
6.
Berikan Penawaran Spesial Bagi Konsumen yang Royal
Konsumen yang royal sangat berhak mendapatkan
apresiasi dengan memberikan penawaran spesial. Seperti dengan memberikan diskon
10% sd 20% bagi konsumen yang sudah lebih dari 3 kali melakukan transaksi, atau
dikasih souvenir agar konsumen merasa senang dan berikan pengalaman berbelanja
yang berkesan untuknya.
7.
Buat Kegiatan Bersama Konsumen
Jika memungkinkan, coba buat kegiatan
bersama konsumen. Seperti mengadakan acara kopi darat atau event bazar secara
berkala. Meski kamu menjalankan bisnis berbasis online, membangun komunitas dan
menjalin hubungan di dunia nyata juga bagus untuk mempertahankan konsumen.
Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan konsumen.
Tingkatkan terus kualitas produk dan pelayanan kamu untuk memenuhi kebutuhan
dan kepuasan konsumen.
8.
Hak Istimewa Khusus Pelanggan Setia
Anda dapat memberikan hak istimewa khusus
diberikan pada pelanggan yang secara berkala sering melakukan transaksi dengan
toko online Anda. Misalnya Anda dapat memberikan hadiah secara
berkala pada saat-saat tertentu seperti pada hari ulangtahun pelanggan, maka
pelanggan akan merasa istimewa dan diperhatikan oleh online shopyang Anda
miliki. Hal ini bertujuan agar kepercayaan pelanggan meningkat, sehingga dapat
membuatnya semakin setia untuk bertransaksi dengan Anda.
9.
Pantau Kepuasan Pelanggan
Banyak konsumen berpindah bukan karena
produk dan layanan tak memuaskan, namun karena mereka merasa tidak diapresiasi.
Cara paling tepat untuk mempertahankan pembelian selanjutnya adalah dengan
mengikuti perkembangan konsumen dan menawarinya berbagai layanan yang Anda
miliki. Anda juga dapat memberitahu konsumen mengenai produk maupun layanan
terbaru dengan harapan mereka tertarik dan datang untuk melakukan transaksi.
10.
Dengarkan Opini dan Saran dari Pelanggan
Untuk bisnis online yang sedang berkembang maupun yang sudah sangat sukses, penting untuk mencari tahu tentang apa yang disukai dan tidak disukai oleh pelanggan. Catatlah keluhan-keluhan pelanggan agar Anda dapat menciptakan solusi yang akurat untuk memperbaiki kualitas toko online Anda. Selain itu, pelanggan akan puas terhadap pelayanan dan produk yang ditawarkan pada mereka.
Komentar
Posting Komentar