Penggunaan Media Sosial Dalam Bisnis Online
Perkembangan media
sosial sebagai salah satu bagian dari perkembangan bisnis online sangat berguna
bagi pengusaha untuk dijadikan sebagai media pendukung dalam memasarkan
produknya kepada konsumen. Perkembangan media sosial sangat cepat seakan
bagi yang tidak mengikuti akan tertinggal jauh dibelakang, media sosial begitu
diminati selain sebagai eksistensi juga dapat menjadi media pemasaran yang
efektif sekaligus efisien, selain bisnis online yang menggunakan e-commerce dan
marketplace atau media sejenisnya.
Sebelum membahas
lebih jauh tentang peranan media sosial dalam bisnis online, sebaiknya pahami
dulu apa itu media sosial secara umum.
1. Pengertian
Media Sosial
Media sosial di
desain untuk memudahkan interaksi sosial yang bersifat maya, dimana komunikasi
real time antar pengguna. Media sosial berbasis teknologi internet, yang
mengubah pola penyebaran informasi dari yang sebelumnya bersifat satu arah
menjadi ke banyak arah.
Aspek Media sosial
ada tiga hal utama, yaitu :Teknologi digital yang menekankan pada
user-generated content atau interaksi, Karakteristik media,
serta Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram,
dan lain-lain sebagai contoh model interaksi.
Pengertian Media
Sosial Menurut Para Ahli :
Philip Kotler dan
Kevin Lane Keller (2016) – Media sosial adalah media yang digunakan oleh
konsumen untuk berbagi teks, gambar, suara, dan video informasi baik dengan
orang lain maupun perusahaan dan vice versa. (Baca : Bauran Komunikasi
Pemasaran – Strategi Komunikasi Pemasaran)
Caleb T. Carr dan
Rebecca A. Hayes (2015) – Media sosial adalah media berbasis Internet yang
memungkinkan pengguna berkesempatan untuk berinteraksi dan mempresentasikan
diri, baik secara seketika ataupun tertunda, dengan khalayak luas maupun tidak
yang mendorong nilai dari user-generated content dan persepsi interaksi dengan
orang lain.
Dapat disimpulkan
media sosial adalah media yang digunakan oleh pengguna/konsumen untuk
berbagi aktivitas berupa teks, gambar, suara, dan video secara luas dengan
fitur-fitur yang selalu mengalami pembaharuan sesuai dengan karakteristik
penggunanya.
2. Fungsi Media
Sosial
Fungsi media sosial
dapat kita ketahui melalui sebuah kerangka kerja honeycomb. Pada tahun 2011,
Jan H. Kietzmann, Kritopher Hermkens, Ian P. McCarthy dan Bruno S. Silvestre
menggambarkan hubungan kerangka kerja honeycomb sebagai penyajian sebuah
kerangka kerja yang mendefinisikan media sosial dengan menggunakan tujuh fungsi
utama, yaitu:
1. Promosi diri/
edentity
Media sosial
menggambarkan pengaturan identitas para pengguna dalam sebuah media sosial
menyangkut nama, usia, jenis kelamin, profesi, lokasi serta foto. Pengaturan
profil yang terus mengalami penyesuaian sehingga konsumen terus mengisi
profilnya, disisi bisnis profil yang semakin lengkap membantu pemilik akun
untuk menawarkan profil tersebut bagi para perusahaan agar mereka dapat
berpromosi secara tertargeting, sedangkan bagi konsumen profil membantu mereka
mempromosikan dirinya.
2. Percakapan
Percakapan pada
media sosial menggambarkan pengaturan para pengguna berkomunikasi dengan
pengguna lainnya. Seseorang yang menggunakan media sosial tidak lengkap bila
tidak melakukan chat dan percakapan. Fungsi ini amat penting bagi media sosial
sehingga bila tidak terdapat fungsi ini maka media sosial tersebut akan kalah
bersaing dengan media sosial yang lain. Inilah yang membuat banyak website
media sosial berlomba-lomba melakukan peremajaan terkait websitenya agar
semakin baik menyediakan konten kepada pengguna.
3. Sharing
Sharing adalah
kegiatan mengirimkan menggambarkan pertukaran, pembagian, serta penerimaan
konten berupa teks, gambar, atau video yang dilakukan oleh para pengguna. Para
pengguna media sosial semakin giat dengan kreatifitasnya masing-masing sehingga
memberikan karakteristik antara satu akun dengan akun lain. Sharing juga
merupakan fungsi yang penting terhadap perkembangan media sosial saat ini.
4. Akses
pengguna/Presence
Media sosial
terbagi kedalam 3 kategori yaitu, bebas akses, terbatas, dan tertutup. Setiap
media memiliki karakteristiknya masing-masing, ada yang membebaskan
penggunanya untuk saling mengakses seperti facebook dimana setiap yang
tergabung pada facebook akan dapat diakses oleh siapa saja, sementara
instragram memberikan akses terbatas dengan pengaturan tertutup atau terbuka.
Disisi yang sama terdapat pengaturan tertutup untuk instagram sehingga
privasinya dapat terlindungi.
5.
Pertemanan/Relationship
Media sosial
menjadi sarana untuk menghubungkan pengguna dari tempat yang berjauhan sehingga
dapat melakukan hubungan saling menguntungkan antara kedua belah pihak.
Pertemanan pada media sosial dapat secara hobi, peminatan, bahkan pekerjaan
yang sama.
6. Reputation
Media sosial
merupakan sarana reputasi dimana pengguna melakukan upaya untuk membangun citra
dirinya. Banyak orang dengan sangat efektif membangun reputasinya melalui media
sosial, dampak negatifnya seseorang melakukan segala cara yang tidak baik.
Padahal pengguna tidak serta merta dapat menghapus reputasinya di mata pengguna
media sosial. Bijak menggunakan media sosial untuk membangun reputasi yang baik
terutama dengan prestasi dan kegiatan positif adalah yang baik.
7. Groups
Menggambarkan para
pengguna dapat membentuk komunitas dan sub-komunitas yang memiliki latar
belakang, minat, atau demografi. Media sosial menyediakan konten untuk membuat
grouping bagi yang membutuhkannya. Sehingga mereka dapat melakukan diskusi
untuk topik yang sama dan sesuai dengan aturan group masing-masing.
3. Jenis
jenis media sosial dalam bisnis online
Media sosial
sebagai salah alternatif bagi seseorang memutuskan penjualan bisnis
online sudah banyak yang merasakan manfaatnya, karena dengan hanya memanfaatkan
handpone dan group yang terdapat dalam media sosial tersebut usaha online shop
dapat dilakukan. Dibanding dengan online shop menggunakan marketplace
atau e-commerce yang bergelimpangan dana dan dapat membuat macam-macam promosi
seperti flash sale, gratis ongkir, dsb.
Menurut analisa
pelaku bisnis online golongan mikro diatas 98% menggunakan media sosial.
berikut keunggulan media sosial bila dibandingkan dengan e-commerce dan
marketplace diantaranya adalah :
a. Jaringan pertemanan
mendominasi media sosial
b. Foto dan deskripsi
yang lebih menarik
c. Populer dikalangan
nitizen
d. Paling sering
dilihat
e. Bentuk media sosial
yang user friendly membuat produk lebih dinikmati
Untuk pembahasan
dalam materi ini mari kita ulas satu persatu jenis media sosial yang efektif
untuk penjualan diantaranya adalah:
1. Facebook
masih merajai media
sosial saat ini, nilai saham facebook yang sangat besar dan penggunanya lintas
manca Negara membuat facebook begitu diminati oleh para pengguna media sosial.
Bila anda memiliki bisnis tidak ada salahnya anda mulai menggunakan facebook,
melalui post facebook dan story facebook saat ini produk anda ditampilkan
secara optimal. Salah satu keunggulan facebook dibanding media sosial lainnya
diantaranya adalah :
a. Facebook punya
jaringan paling luas
b. Facebook mempunyai
database yang terkategori rapih
c. Bentuk post
facebook memudahkan seseorang membuat promosi
d. Berpotensi dilihat
lebih sering
e. Facebook simple dengan platform yang luas
Rasanya saat ini
perusahaan apapun tetap membutuhkan facebook untuk mengiklankan produknya atau
sekedar menyapa penggunanya.
2. Instagram
Instagram bukan
media sosial yang dikenal public terlebih dahulu, ada path yang sempat populer
di Indonesia. Namun, path gulung tikar sekarang ini, dan instagram jadi
platform yang visual yang paling populer saat ini, instagram memberikan
tampilan semenarik mungkin bagi penggunanya untuk melakukan berbagai rekaman
kegiatan dan aktifitas.
Banyak fitur yang
dapat anda kembangkan untuk mendukung bisnis anda, mulai yang gratis atau
menggunakan periklanan instagram sendiri. Anda dapat meningkatkan
followers akun anda, anda dapat membuat funnel bisnis anda, anda dapat
mempromosikan perusahaan anda atau hanya sekedar memberikan informasi grafis.
3. Youtube
Bila ada ranking
pengguna media sosial saat ini youtube menjadi yang nomor 1, youtube menjawab
semua kategori konsumen. Youtube menangkap konsumen dari visual, non visual,
audio, sampai kinestetik.
Youtube memberikan
tampilan video yang paling populer saat ini. Youtube juga membuat kerjasama
dengan konsumennya lewat pembagian iklan yang diterima youtube sendiri. Sehingga
timbul profesi yang dikenal dengan youtuber.
Anda dapat
mempromosikan bisnis anda dengan youtube dengan mengajak para youtuber melalui
program affiliasi, membuat info penggunaan produk anda, video perkenalan
perusahaan, dll.
4. Twitter
Twitter merupakan
media sosial dengan 140 kata dalam setiap postingnya, twitter memiliki hastag
yang begitu dikenal hingga dapat menggiring opini masyarakat secara umum.
Memang twitter
tidak sejaya dulu, namun twitter masih memegang peranan penting dalam hal
memperkenalkan brand kepada audience. Twitter memberikan kesempatan kepada
siapa saja untuk mempromosikan produknya tanpa terkecuali.
Anda dapat membuat
hastag, atau bahkan mengikuti hastag orang lain, berbeda dengan 3 platform
diatas kata-kata menjadi kunci utama kesuksesan bisnis menggunakan twitter.
Jadi anda sudah bisa membuat rima, puisi dan sebagianya, sehingga produk anda
dinikmati oleh konsumen.
5. Pinterest
Pinterest adalah
kumpulan besar ide visual pengguna sosial media, dengan pinters pengguna media
sosial terkategori secara baik. Anda akan di kelompokkan berdasarkan hobi anda
atau peminatan anda sendiri, membuat gambar yang menarik dan menyertakan pin
dan melakukan link ke website atau perusahaan anda akan mendatangkan banyak
konsumen potensial bagi bisnis anda.
Pinterest punya
banyak audience perempuan yang besar, anda dapat mempromosikan masakan,
menjahit, fashion,rias, dsb. Pinterest adalah alternatif jitu bagi anda yang
ingin memperluas pasar anda.
6. Linkedin
Linkedin merupakan
platform media sosial bagi siapa saja, layaknya google + linkedin membantu
banyak pengguna berkumpul sesuai dengan profesi dan peminatannya. Linkedin
memadukan berbagai genarasi didalamnya, banyak sumber-sumber professional
mengalir di linkedin, anda dapat memberikan wawasan baru tentang bisnis anda
menggunakan linkedin. Dan ada juga beberapa media sosial yang lainnya.
4. Cara
pemasaran bisnis online menggunakan media sosial
Strategi pemasaran
dalam bisnis online saat ini, menjadi sesuatu yang berharga untuk memasarkan
sebuah branding produk, promosi personal sampai perusahaan, dan mengedukasi
pasar. Banyak cara untuk melakukan pemasaran menggunakan media sosial,
lakukanlah dengan langkah dan cara yang efektif dan efisien sesuai dengan
perkembangan zaman dan sesuai segmentasi pasar dalam pemasaran produknya.
Terdapat beberapa
cara memasarkan produk menggunakan media sosial diantaranya:
1. Bagikan konten
berharga
Konten adalah hal
yang menjadi keseluruhan ide yang disalurkan kepada khalayak untuk menjadi
referensi, masukan, pendidikan dan hal lainnya. semua orang bisa membuat
konten, namun konten yang berkualitas tidak semua orang bisa membuatnya. untuk
itu dibutuhkan adanya perencanaan, latihan, dan pencarian wawasan agar sebuah
konten menarik untuk di lihat dan dibaca.
diera digital ini
konten seakan menjadi ruh, dan viral adalah hal yang dicari sebagai bentuk
popularitas. dari konten tersebutlah anda dapat memanfaatkan keberhasilan
sebuah konten untuk di tarik pada kegiatan bisnis seperti promosi dan
penjualan.
2. Pisahkan
account pribadi dan account bisnis
Untuk lebih fokus
dalam bisnis sebaiknya pisahkan account media ssosial pribadi dan account media
sosial bisnis, namun buat link antara acount tersebut untuk meyakinkan
follower. Dalam mengelola media sosial kita, usahakan tidak melulu berpromosi.
bagi porsi konten media sosial anda, misal 80 persen edukasi 20 persen promosi.
sehingga para follower anda masih melihatnya sebagai batas kewajaran.
3. Posting Judul
dan artikel yang menarik
Judul begitu
penting dalam sebuah posting baik itu foto atau sebuah artikel. media sosial
memberikan tampilan yang diharapkan oleh pengguna. sehingga postingan biasa pun
dengan otomatis akan di tampilkan secara proporsional oleh media sosial
tersebut.
Memastikan follower
tertarik dengan apa yang kita tulis adalah, kita memang tertarik membacanya.
kadang perlu membaca sendiri apa yang kita tulis untuk mendapatkan gambaran
seberapa menarik tulisan anda, atau masih ada yang harus
di perbaiki.bila anda sendiri memang tertarik dengan hal tersebut,
bukan tidak mungkin maka orang lain juga akan suka membacanya.
4. Melakukan
update berkala dan konsisten memperbaiki konten
Buatlah update
secara berkala pada media sosial, tidak harus setiap hari, namun harus ada
waktu yang ditetapkan entah seminggu sekali atau sebulan sekali, membuat
updating terhadap media sosial menghindari kekecewaan follower dan membuat
follower tidak meninggalkan anda.
Memperbaiki konten
anda setahap demi setahap, terus belajar mendapatkan info terbaru yang
mendukung perbaikan konten anda akan meningkatkan kemampuan anda dalam hal
pengelolaan media sosial
5. Mengikuti
komunitas dan jadikan follower merasa penting
Mengikuti komunitas
membuat anda tidak out of date, wawasan anda bertambah, semangat anda tak mudah
down. komunitas menjaga kita tetap konsisten dan bersemangat. carilah komunitas
yang sesuai dengan niche anda. jadilah anggota komunitas yang aktif dan
memberikan kontribusi didalamnya supaya anda benar-benar merasakan manfaatnya.
Dalam memahami
folower ingat pepatah mengatakan “pembeli adalah raja” tidak sepenuhnya sesuai
tapi cukup menggambarkan begitu pentingnya sebuah pelayanan. kepada pembeli saja
seperti itu, bagaimana dengan orang yang menjadi follower kita. Pepatah lain
menggambarkan pentingnya jaringan pertemanan” Teman mu isi dompetmu”, semakin
banyak follower semakin banyak isi dompet seseorang. dan hari ini pepatah ini
berlaku di era digital seperti sekarang ini.
6. Memasarkan
gaya hidup melalui sosial media
Para pemilik media
sosial berpengaruh kadang perlu sekali waktu memasarkan gaya hidup untuk dapat
menarik perhatian para konsumen sekaligus produsen untuk mengambil keputusan
mengadakan perjanjian dengan anda agar brandnya masuk dalam media sosial ada.
bahkan para
influencer hampir seluruh yang melekat didirinya adalah hasil sponsor atau
endorse. namun, sebelum itu anda modal yang harus dikeluarkan sebelumnya untuk
mendapatkan hasil seperti itu.
7. Rutin memberi
respon dan menjawab komentar
Respon membuat
pengikut anda merasa dihargai, membuat mereka semakin tertarik dengan media
sosial anda dan terus meningkatkan eksistensi akun anda.
perhatikan
bagaimana sekarang respon rutin dilakukan bahkan oleh orang-orang yang sudah
populer sekalipun. mereka memberi respon karena popularitas mereka didapat dari
follower mereka. jadi siapapun kita, merespon media sosial kita menjadi hal
yang harus rutin kita lakukan.
8. Eksperimen
konten dan fokus channel
Membuat eksperimen
kecil-kecilan di media sosial anda, menjaganya tidak kosong atau sepi.
komentari banyak hal yang sedang viral atau sekedar memanfaatkan menyapa
diwaktu-waktu pagi dan sore ketika orang sedang pulang beraktifitas akan
menjadi masukan untuk anda mencari tempat terbaik untuk melakukan konten.
beberapa manfaat dari eksperimen konten diantaranya adalah :
a. mengetahui waktu
terbaik upload konten
b. mengetahui siapa
yang sering komentar
c. konten seperti apa
yang menarik
d. apa peluang yang
bisa dimanfaatkan untuk konten anda
e. menambah follower
tentunya
Selanjutnya fokus
pada 1 channel, dan bila sudah dirasa baik, baru anda dapat menambah ke channel
yang lain. hal ini lebih baik dibandingkan dengan anda harus membuat banyak
channel.
9. Gunakan media
periklanan
Membuat iklan dan
mengiklankan media sosial anda membantu anda meningkatkan media sosial anda
dengan ramainya follower anda. sertakan link anda pada media periklanan yang
ada seperti membuat iklan pada influencer orang lain atau hanya melampirkan link
media sosial anda pada kegiatan youtuber anda atau aktifitas lainnya.
10. Bekerjasama
dengan influencer
Influencer
berpengaruh besar membawa arus pengunjung pada media sosial yang anda kelola.
bekerjasama dengan para influencer misalnya ketika anda jadi narasumber mereka,
anda juga bisa meminta mereka jadi narasumber anda. dengan begitu anda dapat
meningkatkan media sosial anda.
Selain cara
tersebut diatas masih banyak cara lain seperti; membuat even kontes, big sale
discount, dsb. Semuantya semata-mata untuk memanfaatkan media sosial senbagai
ajang bisnis online yang menguntungkan.
Komentar
Posting Komentar