Latar Belakang E-Commerce
Pernahkan anda berbelanja online ? berbelanja
melalui internet merupakan dampak yang positif di Era digital, dan Era Digital
ini telah mengubah banyak hal, mulai dari aspek komunikasi, ekonomi sampai
aktivitas jual beli. Perdagangan di zaman sekarang tidak berpusat pada pasar,
swalayan, plaza, mall ataupun tempat-tempat perbelanjaan lainnya.
Orang mulai nyaman menggunakan e-commerce karena
dengan berbelanja online, manusia tidak lagi harus pergi ke pusat perbelanjaan.
Sekarang tinggal mengunjungi situs e-commerce, dan berbelanja segala transaksi
selesai dan barang sampai di depan pintu rumah.
Di Indonesia, perdagangan elektronik meningkat
beberapa tahun belakangan. Terlebih setelah munculnya berbagai macam situs
marketplace, untuk lebih mengetahui lebih lanjut, kami akan membahas pengertian
dan penjelasan lengkap tentang e-commerce berikut.
Apa Itu E-Commerce ?
E-commerce (Elektronik Commerce) atau dalam bahasa
indonesia Perdagangan Secara Elektronik adalah aktivitas penyebaran, penjualan,
pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan
telekomunikasi seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.
Secara sederhana e-commerce adalah proses pembelian maupun penjualan produk
secara elektronik. e-commerce sendiri makian kian berkembang beberapa tahun
belakangan ini dan secara perlahap menggantikan toko tradisional (Offline).
Pengertian E-commerce menurut para ahli
Dengan berbagai definisi tentang E-commerce. Maka,
beberapa ahli yang menjelaskan tentang apa itu E-commerce adalah sebagai
berikut :
1. Kalakota dan Whinston
Menurut mereka Pengertian E-commerce adalah
aktivitas beIanja online dengan menggunakan jaringan internet dan cara
transaksinya melaIui transfer uang secara digital. meninjau pengertian
E-Commerce dari empat perspektif, yaitu :
- Perspektif
komunikasi, E-Commerce ialah sebuah proses pengiriman barang, layanan,
informasi, atau pembayaran melalui komputer ataupun peralatan elektronik
lainnya.
- Perspektif
proses bisnis, E-Commerce merupakan sebuah aplikasi dari suatu teknologi
menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
- Perspektif
layanan, E-Commerce ialah suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan,
manajemen, dan konsumen untuk mengurangi biaya layanan (service cost)
ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan
pengiriman
- Perspektif
online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual produk
atau barang serta informasi melalui layanan internet maupun sarana online
yang lainnya
2. Loudon
Menurut Loudon pengertian E-Commerce adalah suatu
proses transaksi jual beli yang dilakukan oleh pembeli dan penjual secara
elektronik dari perusahaan ke perusahaan lain. Dalam transaksi tersebut
menggunakan komputer sebagai perantaranya.
3. Shely Cashman
Menurut Shely Cashman E-commerce merupakan transaksi
bisnis yang terjadi dalam jaringan elektronik, seperti internet.
4. Jony
Wong
Menurut Jony Wong pengertian dari electronic
commerce adalah pembelian, penjualan dan pemasaran barang / jasa melaIui sistem
elektronik.
5. McLeod
Pearson
Menurut McLeod Pearson Perdagangan elektronik atau
yang disebut juga e-commerce, adalah pelaksanakan proses bisnis dengan
memanfaatkan jaringan komunikasi dan komputer.
Jenis – jenis E-Commerce
Berikut beberapa jenis E-Commerce yang paling sering
lakukan, antara lain :
- E-commerce
consumer to consumer (C2C)
Jenis e-commerce c2c ini dilakukan antara konsumen
dengan konsumen. Misalnya, konsumen dari suatu produsen akan menjual kembali
produk ke konsumen lainnya. Kalau Anda sering menggunakan Tokopedia, Bukalapak,
OLXdan sejenisnya, maka inilah yang dinamakan B2C e-commerce.
- E-Commerce
business to business (B2B)
Jenis bisnis B2B ini dilakukan oleh orang atau pihak
yang saling berkepentingan dalam menjalankan bisnis, di mana keduanya saling
mengenal dan mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan.
Biasanya, jenis B2B dilakukan secara berkelanjutan
karena kedua belah pihak saling mendapatkan keuntungan dan adanya kepercayaan
satu sama lain. Contoh dari bisnis B2B adalah ketika dua perusahaan mengadakan
transaksi jual beli secara onine, begitu juga dengan pembayaran yang tersedia
menggunakan kartu kredit.
E-commerce consumer to business (C2B)
Jenis C2B adalah bisnis antara konsumen dan
produsen. Bisnis tersebut dilakukan oleh konsumen kepada para produsen yang
menjual produk atau jasa. Sebagai contoh, konsmen akan memberitahukan detail
produk atau jasa yang diinginkan secara online kepada para produsen. Nantinya,
produsen yang mengetahui permintaan tersebut akan menawarkan produk atau jasa
yang diinginkan konsumen.
E-commerce business to consumer (B2C)
Jenis e-commerce B2C adalah dilakukan oleh pelaku
bisnis dan konsumen. Transaksi e-commerce ini terjadi layaknya jual-beli biasa.
Konsumen mendapatkan penawaran produk dan melakukan pembelian secara online.
Sebagai contoh, produsen menjual produk ke konsumen secara online.
Di sini, pihak produsen akan menjalankan bisnis
dengan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen
untuk melakukan bisnis kembali. Artinya, produsen hanya memasarkan produk atau
jasa, sementara pihak konsumen hanya sebagai pembeli atau pemakai.
Metode Pembayaran E-Commerce
Untuk masalah pembayaran, ada beberapa metode
yang sering digunakan dalam E-Commerce, yaitu :
- Pembayaran
Elektronik
Pembayaran dengan metode ini menggunakan internet
banking, kartu kredit/debit, atau dengan uang digital yang sudah beredar
seperti Go-Pay, Ovo, Link aja, Dana, Dan lainnya.
- Pembayaran
Cash On Delivery ( Cash On Delivery )
Transaksi pembayaran dengan metode ini dilakukan
secara langsung. Jadi Penjual dan Pembeli akan bertemu sesuai dengan
kesepakatan ( bisa juga dengan bantuan perantara kurir ), setelah menerima
barang, pembeli membayarkan uang secara tunai kepada pihak Penjual. Pembayaran
menggunakan metode ini juga dapat meminimalisir terhadap penipuan secara
online.
- Pembayaran
lewat Transfer
Pihak pembeli akan mentransfer sejumlah uang ke
nomor rekening penjual. setelah membayar, barang baru akan dikirim oleh penjual
melalui jasa pengiriman.
Manfaat E-Commerce
Berikut beberapa mamfaat alasan mengapa
e-commerce merupakan pilihan yang menarik bagi para pengusaha :
- Menghemat
Waktu
- Pembeli
lintas Wilayah
- Mampu
meningkatkan market exposure
- Mampu
meningkatkan customer loyality
- Mampu
meningkatkan supplier management
- Mampu
mengurangi biaya operasional(operating cost)
- Dapat
mempersingkat waktu produksi
- Selalu
Buka
- Manajemen
Persediaan Otomatis
- Mempermudah
pembayaran karena dapat dilakukan secara online
Komentar
Posting Komentar