Setelah membuat halaman di Facebook, kini Anda sudah bisa mulai membuat iklan di Facebook Ads. Berikut adalah cara membuat iklan di Facebook Ads:
1. Buka Facebook Ads
Buka laman Facebook Ads Manager.
Pastikan Anda sudah login ke akun Facebook yang Anda gunakan untuk membuat halaman
di Facebook sebelumnya.
2. Pilih
Pembuatan Iklan Terpandu
Buka menu Kampanye dan klik Buat
Iklan. Facebook akan memberikan dua pilihan membuat iklan, yaitu Pembuatan
Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat. Saran saya sebaiknya pilih Pembuatan
Iklan Terpandu agar iklan Anda lebih spesifik.

3. Tentukan
Tujuan Iklan
Selanjutnya, tentukan tujuan
iklan yang ingin Anda capai. Facebook menyediakan tujuan iklan dalam tiga
kategori berbeda, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

Kesadaran
Kesadaran Merek: Meningkatkan brand awareness Anda dan menjangkau
orang-orang yang kemungkinan besar tertarik
Jangkauan: Menampilkan iklan Anda pada jumlah maksimal dari
orang sesuai dengan anggaran Anda
Pertimbangan
Lalu
lintas/Trafik: Meningkatkan
jumlah kunjungan ke website Anda atau mendapatkan banyak pengguna untuk
aplikasi Anda.
Interaksi: Pilihan ini tepat jika Anda ingin mendapatkan
interaksi pada kiriman, like halaman, tanggapan pada acara yang akan Anda selenggarakan
atau untuk promo mengenai produk Anda.
Pemasangan
aplikasi: Tujuan iklan
ini berguna bagi Anda yang menginginkan orang lain menginstal aplikasi yang
Anda buat.
Penayangan
video: Jika Anda membuat konten berupa
video, pilihan ini harus dipilih untuk mendapatkan lebih banyak orang menonton
video yang Anda buat.
Pembuatan
prospek: Untuk mengumpulkan data dari
orang yang memiliki ketertarikan pada produk Anda, data tersebut dapat berupa
alamat email
Pesan: Mengajak target audience untuk mengirim pesan ke
bisnis Anda di Messenger atau WhatsApp
Konversi
Konversi: Untuk Anda yang ingin meningkatkan jumlah orang
yang berbelanja dengan melakukan pembelian produk pada website Anda.
Penjualan
katalog produk: Menampilkan
iklan mengenai produk katalog Anda sesuai dengan target yang ditentukan.
Kunjungan toko: Jika Anda memiliki toko offline atau toko fisik,
silakan pilih bagian ini untuk meningkatkan pelanggan mengunjungi toko Anda
4. Klik Tujuan
Iklan Anda
Pertimbangkan tujuan iklan mana yang
paling cocok untuk Anda. Di tutorial Facebook Ads ini yang saya pilih adalah
tujuan lalu lintas/trafik
5. Pilih Jenis Iklan Facebook
Facebook menyediakan dua jenis pilihan iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Anda harus memilih salah satu. Dua jenis iklan facebook tersebut tidak dapat digunakan bersamaan.

Di jenis iklan Uji Split, Anda
akan diminta membuat dua iklan dengan konten yang mirip, yaitu konten A dan
konten B. Target audience Anda akan dibagi menjadi dua dan akan melihat iklan
yang berbeda. Dengan begitu Anda bisa melihat konten iklan mana yang lebih
menarik lebih banyak trafik.
Sayangnya, jenis iklan uji split
membutuhkan dana dua kali lipat dibandingkan jenis pengoptimalan anggaran. Di
tutorial ini saya memilih jenis iklan kedua karena lebih cocok untuk pemula.
Pada langkah ini Anda juga perlu menentukan
anggaran iklan. Anda bebas menentukan anggaran iklan Anda di Facebook Ads. Di
tutorial ini kami memasukkan anggaran sebesar 1 juta rupiah.
Anda tentu ingin tahu kan
bagaimana anggaran 1 juta itu akan digunakan?
Secara sederhana, dana akan digunakan
sesuai dengan jenis iklan yang digunakan.
Perhitungan biaya berdasarkan pada jenis industri dan persaingan bid
yang terjadi.
Inilah beberapa jenis iklan
Facebook:
CPC (Cost Per
Click)
CPC adalah jenis pembayaran iklan
berdasarkan banyaknya klik yang dilakukan pengguna Facebook pada iklan Anda.
Jika Anda menginginkan trafik,
jenis iklan inilah yang paling sesuai.
Sebab, iklan yang diklik otomatis akan mengarahkan pengunjung ke website Anda.
Kuncinya, gunakan CTA yang efektif seperti “Pelajari lebih lanjut” atau
“Dapatkan sekarang”.
CPM (Cost Per
Mille)
Sesuai namanya, biaya CPM
dihitung per 1000 penayangan iklan. Bisa dikatakan mirip dengan penayangan di
media elektronik lain.
CPM cocok untuk Anda yang ingin
meningkatkan brand awareness kenapa demikian? Berbeda dengan CPC, iklan tidak
secara otomatis mengajak pengunjung ke website.
CPV (Cost Per
View)
Iklan Anda berupa video? CPV
adalah jenis biaya iklan per satu kali lihat.
Jenis iklan ini cocok untuk
produk yang lebih menarik ditampilkan melalui video. Perlu diingat, informasi
iklan harus singkat dan jelas. Sebab, biaya akan terhitung per satu kali terlihat
dalam durasi 10 detik.
CPA (Cost Per
Action)
Perhitungan CPA berdasarkan
transaksi yang terjadi di website Anda. Tidak selalu berupa transaksi
pembelian. Bisa berupa registrasi keanggotaan (member), langganan newsletter,
atau download ebook.
Untuk menerapkannya, akan ada
facebook pixel yang bekerja mengamati
aktivitas online pengguna Facebook di website Anda.
CPL (Cost Per
Like)
CPL merupakan jenis perhitungan
biaya iklan berdasarkan banyaknya like untuk halaman Facebook Anda.
Jenis iklan ini cocok bagi bisnis
baru yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, seperti halnya CPM.
6. Tulis Nama
Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Tulis nama iklan Anda agar Anda
bisa mengecek performa iklan-iklan di FB Ads. Kemudian pilih tujuan trafik Anda
ingin diarahkan ke mana. Anda bisa mengarahkan trafik atau lalu lintas ke
website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp.
7. Tampilkan
Promo

Jika Anda sedang menjalankan
promo di bisnis Anda, centang pilihan promo untuk menampilkan promo tersebut.
8. Tentukan
Target Audience
Seperti yang saya sebutkan di
awal artikel, Anda bisa menentukan spesifikasi target audience Anda berdasarkan
faktor di bawah ini:

Pemirsa Khusus: Anda bisa mengatur untuk menjangkau orang-orang
yang pernah berhubungan dengan Anda baik secara online maupun offline. Anda
bisa mengarahkan iklan kepada orang-orang yang pernah mengunjungi website Anda,
berinteraksi di konten halaman Facebook Anda, sampai orang-orang yang pernah
menelepon Anda.
Lokasi: Anda dapat menentukan lokasi dari target. Masukkan
satu atau lebih banyak negara, negara bagian/wilayah, kota, kode pos, alamat,
atau Designated Market Areas ® untuk menampilkan atau mengecualikan iklan Anda
kepada orang dalam lokasi ini. Penargetan lokasi belum tersedia di semua negara.
Umur: Jika produk yang akan Anda iklankan berdasarkan
rentang usia tertentu, Anda dapat memilih target berdasarkan usia, misalnya
orang dengan usia 18-35 tahun. Silakan disesuaikan dengan produk yang akan Anda
iklankan.
Jenis Kelamin: Anda juga dapat menentukan iklan yang akan
ditampilkan sesuai dengan jenis kelamin, jika produk khusus wanita berarti Anda
dapat memilih pilihan khusus wanita saja atau sebaliknya. Selain itu juga dapat
dipilih keduanya.
Bahasa: Jika Anda sudah memilih satu lokasi dengan bahasa
yang sama, biarkan ini kosong kecuali pemirsa yang Anda targetkan menggunakan
bahasa yang tidak umum digunakan di lokasi yang telah Anda pilih
Penargetan
Terperinci: Bagian ini
untuk target iklan yang lebih rinci, seperti lokasi, minat, perilaku dan
kategori lainnya. Silakan untuk memilih yang sesuai dengan produk yang Anda
iklankan

Koneksi: Pilihan ini berguna jika Anda ingin menampilkan iklan ke orang-orang yang sudah terhubung ke halaman, aplikasi atau acara Anda. Sehingga iklan Anda dapat dilihat oleh orang yang sudah pasti memiliki ketertarikan pada produk Anda. Ini akan mempersempit jangkauan Anda dengan menyertakan orang-orang yang hanya memiliki hubungan khusus tersebut, yang juga memenuhi kategori penargetan lainnya yang telah Anda pilih
9. Tentukan
Penempatan
Untuk menentukan penempatan iklan
Anda yang ingin ditampilkan, di sini kami memilih Penempatan Otomatis. Pilihan
ini lebih baik karena Facebook otomatis akan menampilkan iklan di tempat-tempat
yang memiliki kinerja paling baik.
10. Pilih Jadwal
Tentukan berapa lama iklan Anda
akan ditampilkan. Di tutorial ini saya memilih untuk menjadwalkan iklan selama
satu bulan.

11. Pilih Format
Iklan
Terdapat lima jenis format iklan
yang dapat Anda pilih, yaitu sebagai berikut ini:

Karosel: Tampilan iklan dengan 2
atau lebih gambar atau video yang dapat digeser.
Gambar Tunggal: Tampilan iklan
dengan 1 gambar.
Video Tunggal: Iklan dengan
sebuah video.
Tayangan Slide: Iklan dengan
gambar atau video slide hingga 10 gambar
Koleksi: Iklan dapat berupa
gabungan gambar dan video.
Pada tutorial ini kami memilih
Format Karosel dengan gambar yang dapat digeser.
12. Buat Teks

13. Pilih
Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan Tautan
Pilih gambar yang sesuai dengan
deskripsi iklan Anda. Setiap format FB Ads membutuhkan ukuran gambar berbeda.
Ukuran gambar masing-masing format iklan dapat Anda lihat di bagian akhir
artikel ini.
FB cara membuat facebook ads
gambar
Tambahkan judul iklan yang
menarik perhatian target audience. Masukkan juga link atau tautan yang dituju.
14. Cara Bayar
Iklan Facebook
Anda bisa melakukan pembayaran
melalui kartu kredit atau kartu debit. Setelah Anda melakukan pembayaran
Facebook akan mereview iklan Anda dan akan segera menampilkannya kalau sudah
memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ukuran Gambar FB Ads
Seperti yang sudah saya sebutkan
sebelumnya, setiap format iklan di FB Ads membutuhkan gambar yang berbeda-beda
ukurannya. Berikut ukuran gambar yang sesuai untuk masing-masing format iklan:
Single Image (Gambar Tunggal)
Ukuran Gambar: 1,200 x 628 pixels
Ukuran Facebook and Instagram
Stories: 1,080 x 1,920 pixels
Rasio Gambar: 9:16 to 16: 9
(cropped to 1.91:1 jika ada tautan)
Carousel (Karosel)
Ukuran Gambar: 1,080 x 1,080
pixels (30MB max)
Rasio Gambar: 1:1 (persegi)
Slideshow (Tayangan Slide)
Ukuran Gambar: 1,280 x 720 pixels
Rasio Gambar: 16:9, 1:1, or 2:3
Format Video: .mov or .mp4 file
types
Single Video (Video Tunggal)
Format Video : .mp4, .mov, and
.gif adalah yang paling ideal
Aspek Rasio: 9:16 to 16:9 (Rasio
idealnya tergantung pada penempatan iklan)
Resolusi: minimal 600 pixels
width (pilih resolusi paling tinggi untuk ukuran file and aspek rasio yang Anda
pilih)
Ukuran File: maksimal 4GB
Durasi Video (Facebook): 1 detik
sampai 240 detik
Durasi Video (Instagram) : 1
sampai 60 detik
Panjang Video untuk Instagram dan
Facebook: 1 sampai 15 detik
Facebook Ads adalah platform
iklan efektif untuk memperluas pasar Anda. Maksimalkan potensi Facebook Ads
untuk memperoleh lebih banyak konsumen.
Komentar
Posting Komentar